Manfaat Tanaman (Muatan Lokal)

Laporan manfaat tanaman
Mata pelajaran muatan lokal
 











               
Nama           : Andre Wahuydi
Kelas            : XII    IS 2
No. Absen   : 02


Sma Negeri 4 surabaya
Tahun ajaran 2013-2014
Nama Tanaman                       : Daun Nilam
Sumber                                    : Majalah Trubus & internet
Manfaat                                   :

Daun nilam menghasilkan minyak asiri yang berguna untuk penghilang stress (rileksasi). Senyawa pada minyak asiri masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi sistem limbik alias pengatur emosi. Molekul-molekul senyawa asiri sangat halus dan berukuran kecil. Ketika aroma minyak asiri tercium oleh hidung, molekul itu akan berikatan dengan reseptor-reseptor penangkap aroma yang ada pada hidung. Kemudian, resptor itu akan mengirim sinyal-sinyal kimiawi melalui jalur saraf ke sistem limbik di otak. Sistem itulah yang mengatur keadaan emosi seseorang.

 Minyak asiri yang dihasilkan daun nilam dapat dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat di wajah. Minyak asiri tersebut terbukti sebagai antimikroba yang berguna untuk menghambat pertumbuhan jerawat.

Minyak asiri juga dapat berguna sebagai penyaring udara yang baik. Mkinyak asiri menghilangkan partikel logam racun dari udara dan menaikkan ozon dan ion negatif

 Minyak asiri juga dapat dimanfaatkan sebagi campuran parfum. Minyak asiri langsung larut dalam parfum sehingga parfum tetap jernih dan awet wangi.

Di India misalnya, daun nilam kering digunakan sebagai pengharum pakaian dan permadani. Malahan kabarnya, air rebusan atau jus daun nilam dapat diminum sebagai obat batuk, asma, dan remasan akarnya untuk obat rematik dengan dioleskan pada bagian yang sakit. Serta remasan daunnya juga manjur untuk obat bisul dan pening kepala.

Sedangkan di Eropa dan Amerika, minyak nilam digunakan sebagai bahan baku industri pembuatan minyak wangi sebagai pengikat bau atau fikative parfum, kosmetik, dll. Komponen utama minyak nilam diperoleh dengan cara penyulingan daun nilam yang berupa pachoully alcohol 45-50%, sebagai penciri utama. Bahan industri kimia penting lainnya meliputi patchoully camphor, cadinene, benzaldehyde, eugenol, dan cinamic aldehyde.

 Daun nilam digunakan sebagai sayuran atau lalapan untuk menambah nafsu makan (appetizer). Selain daunnya, biji selasih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman penyegar. Biji selasih dapat menurunkan kolesterol, penambah daya ingat dan tonik

Semua bagian tanaman nilam, mulai dari akar, batang, cabang, dan daun mengandung minyak terbang. Tetapi mutu dan rendeman dari akar dan batang nilam lebih rendah daripada daunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar