Cerpen Liburan

LIBURAN KE PULAU UNTUNG JAWA

bersekolah di SMPN 25 Surabaya , kelas 3 SMP . Aku berniat liburan sekaligus lebaran di Jakarta .

Paman adalah orang yang sangat baik , selalu menuruti kemauanku untuk menambah pengalaman . Aku dijanjikan akan diajak berwisata di salah satu Pulau Seribu , Untung Jawa. Kata paman itu adalah tempat yang apik , pantas buat didatangin katanya . akupun semakin tidak sabar .

Ayahpun mengajak ku pergi ke Stasiun untuk memesan tiket kereta api , tetapi disana antrian sangat ramai . Sekitar 2 jam aku dan ayah pun mendapatkan tiket itu . Sangatlah capek dan melelahkan mengatri tiket kereta itu , ayah mengajak ku berhenti untuk beli es akan tetapi aku lupa kalo ini masih bulan Ramadhan , begitu tergodanya aku ( wajah ku sedih )

1 hari lagi aku akan  berangkat ke Jakarta , akupun meringkas barang yang akan kubawa nanti , tetapi kata ayah”gausah bawa baju banyak , kita masih akan membawa oleh-oleh untuk nenek” . “ tapi yah , aku kan ingin membawa baju banyak ! “ sahutku . “ bawa saja 2 atau 3 baju ganti “ ahh tidak seru bagiku ( dengan wajah kecewa

Hari yang aku tunggu , akhirnya aku berangkat . Jam 2 aku sudah berangkat karna keretanya akan berangkat jam 3.15 menit , Aku berangkat naik Perkenalkan nama ku Adenya Shifa Brilyana , biasa dipanggil Denya . Umurku 14 tahun . Aku taxi . pukul 2 lebih 30 menit aku sampai di stasiun . ternyata disana sangat ramai dan penuh , aku tak menyangkanya .

Pukul 3 pintu gerbong sudah dibuka , akupun segera duduk sesuai dengan nomor yang sudah ditentukan , akupun duduk . dan tidak pernah lupa , maklum anak muda akupun narsis di kereta karna di gerbongku masih lumayan sepi . setelah kupiki banyak orang akupun menghentikan narsisnya . Jam 3.15 kereta berangkat akupun senang , karna jujur saja sudah 3 tahun tidak naik kereta .
Belum sampek setengah perjalanan akupun sudah tertidur karna kecapekan . Akupun terbangun Jam 6 , adzan sudah dikumandangkan akupun berbuka puasa . setbeli menahan dahaga yang kurasa . Ternyata sudah sampai Ngawi . akupun sholat denagn duduk yang dijarkan oleh ayah . Mama tidak shlat karna halangan , mampun ke Resto yang ada di gerbong tengah . Setelah itu aku makn bersam adikku . Jam 8 aku kembali tidur , sekitar pukul 10 aku terbangun dan sudah samapek Semarang . kereta berhenti sekitar 1 jam . akupun turun dan sholat isya’ , Setelah itu aku naik lagi ke gerbong , tiba tiba di tsalah satu tempat duduk ada seorang cowok melihat ku dan tersenyum . akupun malu dan langsung duduk ditempatku , akupun tak berani untuk lewat lagi ditempat itu .

Pukul 3 pagi aku sampai di stasiun Pasar Senen , disana masih sepi dan dingin . karna waktu mepet untuk sholat Idul Fitri , ayah memilih naik taxi lagi . Untung karna sepi taxipun melaju cepat . pukul 5 pagi aku sampek dirumah nenek . akupun langsung memeluk nenek (tanda rindu)

Jam 6 aku pun sholat ID , setelah sholat akupun tertidur karan masih sangat capek . jam 100 aku bangun karna disuruh makan oleh nenek . aku bergurau dan bercanda dengan nenek dan paman karna aku sangat rindu kepada  mereka . Paman membahas tentang acara liburan di pulau Seribu . kta paman besok kita akan berangkat kesana

Pukul 5 pagi mobil sudah didepan , dan akhirnya memasukkan barang-barang ke bagasi belakang . aku duduk ditengah bersama nenek . Walau sudah remaja aku masih saja manja sama nenek . inilah yang memalukan tapi aku tak menghiraukan namanya juga aku syang nenek .

Perjalanan ke Tanjung Pasir itu sekitar 2 jam an , setelah sampek mobil dipakirkan dan akupun lari menuju pantai . akan tetapi nenek melarang “ oalah ndokk , bukan disitu kita masih akan menyebrang pulau dengan perahu “ karna banyak orang akupun malu . akhirnya aku naik perahu , aku duduk di belakang sendiri . Tidak afdol kalo tidak narsis , akupun narsis bersama keluarga besarku . Sedikit malu karna banyak orang tapi, mau bagaimana lagi ini oertama kali disini .

Satu jam perjalanan akhirnya sampai di Pulau Untung Jawa , disana sangat ramai , pesona eksotis dan sangat memukau . Paman membali tiket masuk Pulau ,  yang harganya sekitar 5 ribu per orang , kalau yang ikut ada 8 berarti sekitar 40 ribu . Tapi tenang paman memabwa uang banyak .

Akupun ganti baju untuk bermain air , setelah ganti Ayah mengajakku untuk menjajal permainan Banana Boats , 5 orang naik . aku tak mengertitapi ditengah laut Banana boats di jatuhkan , aku berteriak dan menangis histeris . tapi pemandu menenangkan agar tidak panic . akhirnya aku dibantu pemadu Banana Boats itu .

Akupun makan siang dengan disuapin nenek , walaupun dilihat banyak orang aku tidak menghiraukan . setelah aku bermain dan menjajal permainan . pukul 3 sore aku pulang . tetapi di Tanjung Pasir sangat ramai dan macet . aku terjebak selama 2 jam . Jam 6 baru saja sampai rumah .

Besok ku seudah akan pulang ke Surabaya lagi , agk sedih tapi bagaimana lagi aku harus menjalani kehidupan ku . aku pulang dan menjalankan aktivitas seperti biasa .