Cerpen Cita - Cita

Judulnya sih "cita-cita"

Disini aku akan bercerita dari awal aku punya cinta-cita sampe aku nemuin apa aja yang aku cita-citakan, pertama cita-cita aku pengen jadi pramugari tapi bapak aku bilang pramugari harus tinggi badannya, nah ! itu yang buat mimpi aku mulai gundah karena tinggi badan aku waktu itu, udah deh pramugari gugur.

Kelas 2 SD mimpi aku pun berganti, gua pengen jadi polisi , kenapa pengen jadi polisi ? kenapa? karena aku suka main tembak-tembakan sama temen-temen aku dan aku akan merasa sangat keren kalo aku bawa pistol sambil bergaya detektif gitu (*satu hal ! aku gak tomboy, dan gak suka dibilang tomboy) tapi mimpi aku pun galau lagi saat bibi aku bilang kalo polwan tuh kerjaanya cuma nulis gak mungkin tembak-tembakan, pudar lagi lah mimpi aku.

Kelas 3 SD aku bercita-cita pengen jadi dokter itu terpikir dari tulisan aku yang jelek dan orang sering bilang itu tulisan dokter, makannya aku pengen jadi dokter dan mimpi aku itu bertahan sampe aku kelas 2 SMP. Kelas 2 SMP masa-masanya lagi memperdalam hal cinta, update status tentang cinta, ngobrolin tentang cinta, kirim sms tentang cinta, semua tentang cinta, dari situ aku pun mulai tertarik buat baca novel, cerpen, dan lain-lain, padahal aku awalnya gak terlalu suka baca gituan. Novel-novel aku pinjem dari kakak aku atau dari temen, kadang cari di google (*sampe sekarang belum pernah beli novel) dari suka baca itu lah aku mulai suka berkhayalan bikin novel/bikin film.

Waktu aku ulang tahun aku minta kakak aku beliin buku diari, aku pengen nulis-nulis diari gitu kaya temen-temenku, tapi kenyataannya itu diari cuma bisa aku pajang di kamar tanpa sedikitpun aku tulis apa-apa di dalemnya, aku liat buku diari temen-temenku banyak puisi-puisi tulisan yang rapi, dan aku gak bisa buat kaya gitu padahal banyak banget yang pengen aku tulis tapi itu semua pudar ketika aku sadar tulisan aku yang jelek. Aku gak mau ngerusak buku diariku dengan tulisan jelekku, akhirnya aku suruh temen-temenku buat isi biodata/puisi di buku diari dari pada buku diariku kosong terus dan mimpiku buat bikin novel pun cuma tersimpan dalam memori otak aku.

Rasa percaya diri itu yang aku belum punya, sebenernya aku tuh termasuk orang yang gak punya malu (*dalam artian sikap yang nyeleneh) tapi entah kenapa pas aku mulai suka nulis aku jadi gak percaya diri, makannya gak ada satupun temenku yang tau kalo aku pengen jadi penulis dan sutradara. Aku masih inget kapan cerita hasil karangan aku di tampilin di depan umum, jadi waktu itu (*kelas 3 SMP) guru bahasa Indonesia yang namanya Bu Nelvi, beliau ngasih tugas kelompok buat bikin drama, temen-temen nyerahin tugas buat bikin cerita ke aku jadi aku seneng banget, akhirnya aku bisa bikin sebuah cerita dan langsung di pertunjukan walaupun hanya di tunjukan di depan temen-temen sekelas doang tapi rasa bangganya itu lohhh bikin aku makin greget.

Karena gak PD nulis di diari aku pun nulis di komputer, aku mulai sering tuh kewarnet sambil online aku ngetik bikin cerita gitu dan ya tau lah aku tuh nyimpan cerita banyak banget dan besoknya aku cek lagi di komputer warnet yang sama eh dah ilang tuh filenya ya namanya juga komputer umum (*wajar), sebenernya kalo aku percaya diri aku bisa share ceritaku lewat Facebook, friendster, twitter dan media online lainya ya tapi akunya gak percaya diri itu yang susah buat aku dan akhinya kependem lagi lah tuh ambisi.

Gak bisa nulis diari bukan berarti berhenti buat berkhayal, khayalan aku masih berlanjut aku juga masih punya khayalan buat bikin vedio klip, saat itu juga aku mulai suka bikin klip-klip gitu walaupu cuma lewat handphone cuma bikin klip dari kumpulan photo terus dikasih sound track doang udah buat aku bangga sama diri aku apalagi kalo aku bisa bikin yang aslinya aduh aku bisa salto keliling kampung (*lebay).

Masa SMP udah lewat sekarang SMK, masuk SMK gua mulai ngerasai jatuh cinta yang rumit (*so drama kumaha kitu), aku curhat ketemen-temenku, ke orang tuaku, kesepupu-sepupu aku, hingga akhirnya aku sadar kadang-kadang mereka yang aku ajak curhat suka kebingungan, bukan kebingungan ngasih solusi tapi kebingungan gara-gara cara ngomong aku yang belibet gak jelas artikulasinya yang kadang-kadang kata-kata yang aku ucap huruf-hurufnya tuh ada yang ilang, sejak itu lah gua mulai beraniin diri nulis di diari walaupun dengan tulisan yang ancur.

Curhat sama diari bukan dapet solusi tapi malah bikin semua jadi klise, kenapa? Karena segimana pun aku menunggkapan isi hati aku sampe buku itu abis pun aku gak bakal dapet solusi apa-apa karena kenyataanya diari gak bisa ngomong, gak bisa jawab curhatanku, pada akhirnya yang aku dapet adalah aku tambah nyadar bahwa tulisanku jelek (*maybe, Cuma aku yang bisa baca itu)

Di SMK aku mulai ketemu sama orang yang memiliki ambisi buat jadi pemimpin dan ia bener aja jadi ketua OSIS (*kalo yang satu SMK sama aku pasti tau) nah aku pun ikut jadi anggota OSIS walaupun aku gak lama ngejabat di OSIS (*rumaos cengos), dari kedeketan aku sama dia aku mulai tau tentang beberapa ilmu agama dan politik. Aku emang udah punya khayalan buat jadi pemimpin, jadi gini-gini aku pernah jadi ketua kelas dan pemimpin regu (*ha..ha.. bangga)  dan semenjak aku ketemu si pakketos (*julukan untuk ketua Osis) aku mulai merangkai lagi jiwa kepemimpinan aku.

Mungkin penulis dan sutradara itu agak nyambung tapi penulis, sutradara dan diplomat nyambung dari mana?, namanya juga cita-cita ambisi jadi bebas gak perlu saling berhubungan. Ehhhhh iya belum kelar, kenapa aku pengen jadi diplomat ? alasannya karena tulang aku yang putih dan darah aku yang merah (*eh.. perasaan semua manusia juga gitu), karena aku pengen jadi wakil neraga kita di neraga lian dan memamerkan dengan bangga neraga kita ini, bahwa Indonesia tuh unik contohnya kalo musim hujan bunderan Hotel Indonesia bisa jadi danau (*uupsss... ngaco) yang bener Indonesia unik dengan beragam budaya, bahasa, suku, agama dan banyak lagi.

Jadi cita-cita aku sekarang mulai terkumpul, yang pertama cita-cita masuk Surga “Amin”, ke – 2 bahagiain orang tua “Amin”, ke – 3 jadi istri dan ibu yang baik “Amin” , ke – 4 jadi diplomat “Amin”, ke – 5 jadi sutradara “Amin”, ke – 6 jadi penulis “Amin”, ke – 7 masih banyak lagi khayalan gua yang belum bisa aku share.

“ Jujur pas aku baca ulang ini tulisan semua yang aku tulis ini, aku binggung sebenernya aku ini lagi cerita apa sih, apa mungkin aku lagi ngigo, entah lah yang jelas itu yang ada dibenakku dan inilah cerita pendekku

By Risna Levia
SMKN 4 SURABAYA

@dwieka 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar